الأحد، ٣ يوليو ٢٠١١
Standarad Competence And Basic competence
Standarad Competence And Basic competence
School : SMP RSBI NEGERI 1 BATU
Grade : VIII
Semester : I
Subject : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Semester | Standarad Competence | Basic competence |
I | 1.To Comprehend the System of Human life 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia | 1.1.To Analyze the importance of the growth of living things 1.1.Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup 1.2. To Describe some steps of human growth 1.2.Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia 1.3.To Describe the human motion system and its relations to the health 1.3.Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan 1.4.To describe the human digest system & its relation to heath 1.4.Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan nutrisi serta kesehatan 1.5.To describe human respiratory system and its relations to health 1.5.Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. 1.6.Describe the circulatory system in human and the relation to immunity and healthy 1.6.Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia serta hubungannya dengan imunitas dan kesehatan |
2.Explaining items particle concept. 2.Memahami pengertian partikel materi | 2.1.To explain the concept of atomic, molecule 2.1.Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul. 2.2.To compare the element molecule and compound molecule 2.2.Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa 2.3.To connect the concept of atom, ion, & molecule with the daily chemistry products 2.3.Mengidentifikasi manfaat ion dan molekul dalam produk kimia sehari-hari. | |
3.Comprehending role of energy, force, and energy in everyday life. 3.Memahami konsep gerak, peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari | 3.1.Analysis of rectilinear motion experiment data and rectilinear motion changes and its applying in daily file 3.1.Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.2.Explain the connection between energy forms and the conservation, the “work and energy principles” and also the application in daily life 3.2.Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.3.Conduct experiment about simple plane and its applying in daily file 3.3.Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.4.Applying Newton law to explain various event in everyday life 3.4.Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari 3.5.To identify kinds of force, force quantifying & the effect of one particular object with force 3.5.Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya 3.6.To search the pressure on solid, liquid and gas thing and its application in life 3.6.Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Standarad Competence And Basic competence
School : SMP RSBI NEGERI 1 BATU
Grade : VIII
Semester : II
Subject : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Semester | Standarad Competence | Basic competence |
II | 4.Comprehending system in life of plant. 4.Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan | 4.1.To identify the structure & function of plant cell 4.1.Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan 4.2.To describe the process of nutrition gathering & energy transforma-tion on green plant 4.2.Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau 4.3.To identify kinds of plant movement 4.3.Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan 4.4.To identify plant pest & plant organs diseases found in daily life 4.4.Mengenal hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari |
5.Comprehend of concept and the application of vibration, wave and optical in life thecnology product 5.Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari | 5.1.To discribe the concept of vibration and wave and the parameters 5.1.Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya 5.2.Describ process the happening of earthquake and sunami 5.2.Mendeskripsikan proses terjadinya gempa dan tsunami 5.3.To describe the concept of sounds in life 5.3.Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari 5.4.To search the light characteristics and its connection with kind of mirrors and lens form 5.4.Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa 5.5 To describe the optical instruments and its application in life 5.5Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | |
6.Comprehending usefulness of chemicals in life. 6. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari | 6.1.To find information about the uses of chemicals and their side effects in everyday life 6.1.Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari 6.2.To communicate the information about the uses of chemicals and their side effects. 6.2.Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia 6.3.To descry be the natural and artificial chemical substances found in food substance packages 6.3.Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan 6.4.To describe character and influence of addictive and psycotropica To describe character and influence of addictive and psycotropica 6.4.Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika 6.5.To avoid from the effect o additive and psychotropic substance 6.5.Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika |