السبت، ٢ يوليو ٢٠١١
PEMETAAN KOPETENSI DASAR TAHUN PELAJARAN 2011-2012 - Kelas 7
PEMETAAN KOPETENSI DASAR TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : VII
UNIT | ALOKASI WAKTU | KOMPETENSI DASAR | T T / TMTT |
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan | 6 x 40’ | 1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya | TT: LKS · Pengertian pengukuran · Besaran pokok dan turunan |
9 x 40’ | 1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya | TT: LKS · Mengukur suhu TMTT · membuat termometer dengan skala sendiri | |
6 x 40’ | 1. 3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | TT: LKS · Mengukur dengan satuan baku dan tak baku | |
3 x 40’ | 1.4 Membuat grafik berdasarkan data hasil pengukuran, menganalisais dan mengkomunikasikannya | TT: LKS · mengukur massa, panjang, suhu dan waktu TMTT · Membuat grafik · Membuat laporan hasil penelitian | |
2. Memahami kalsifikasi zat | 4x40’ | 2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat | TT: LKS · Pengujian sifat asam dan basa |
2 x 40’ | 2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari | TT: LKS · Melakukan pengujian asam ,basa dengan menggunakan indikator alami TMTT · Mendata produk bahan komsumsi yang mengandung asam dan basa disekitar siswa. | |
3 x 40’ | 2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana | TT: LKS · Mendata sifat unsur dan senyawa. | |
3 x 40’ | 2.4 membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran | TT: LKS · Membandingkan sifat unsur dengan senyawa. TMTT · Mendata contoh unsur dan senyawa disekitar kita | |
3. Memahami wujud zat dan perubahannya | 4x40’ | 3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | TT: LKS · Partikel zat · Kohesi dan adhesi · kapilaritas |
2 x 40 | 3.2 mendiskripsikan konsep masa jenis dalam kehidupan sehari hari | TT: LKS · massa jenis dipengaruhi massa dan volume | |
4x40’ | 3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari | TT: LKS · mengamati sifat pemuaianzat padat, zat cair dan gas | |
6x40’ | 3.4 peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | TT: LKS · pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud zat · mengamati perpindahan kal TMTT · membuat grafik hubungan antara jumlah kalor, kenaikan suhu dan perubahan wujud zat dari hasil pengamatan | |
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia | 2x40’ | 4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat | TT: LKS · mengamati sifat fisika dan kimia TMTT |
2x40’ | 4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia | TT: LKS · penjernihan air TMTT · Melakukan percobaan sederhana pemisahan campuran | |
2x40’ | 4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana | T: LKS · Perubahan fisika dan perubahan kimia | |
2x40’ | 4.4 Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana | TT: LKS · Persamaan reaksi · Mengamati reaksi kimia | |
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan | 2 x 40’ | 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik | TT: LKS · Gejala alam biotik dan abiotik |
3 x 40’ | 5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | TT: LKS · GLB dan GLBB | |
3 x 40’ | 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan | TT: LKS · Pengamatan benda dengan mikroskup | |
2 x 40 ’ | 5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam | TT: LKS · Mendata simbol keselamatan kerja | |
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup | 2 X 40’ | 6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup | TT: LKS · Ciri-ciri mahkluk hidup TMTT · Membuat laporan perbedaan hewan ,tumbuhan dan manusia |
4 X 40’ | 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki | TT: LKS · Klasifiksi tumbuhan dan hewan TMTT · Membuat kunci determinasi sederhana | |
4 X 40’ | 6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme | TT: LKS · Organisasi kehidupan TMTT · Membuat gambar perbedaan sel hewan dan tumbuhan | |
7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem | 4 x 40’ | 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem | TT: LKS · Komponen ekosistem TMTT · Membuat ekosistem mini atur. |
2 X 40’ | 7.2 Mengindentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem | TT: LKS · Hubungan antar komponen ekosistem TMTT · Membuat siklus energi, siklus carbon | |
2 X 40’ | 7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan | TT: LKS · Pengaruh kepadatan populasi TMTT · Membuat laporan dampak kepadatan penduduk | |
4 X 40’ | 7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan | TT: LKS · Pengelolaan lingkungan TMTT · Membuat artikel tentang polusi |