Time Zone

Kalender


Link Media Online

Link Blog Guru IPA

1. Dra.Suharlik
2 .Khusnul Hidayah

Blog Archive

Blog Archive

السبت، ٢ يوليو ٢٠١١

PEMETAAN KOPETENSI DASAR TAHUN PELAJARAN 2011-2012 - Kelas 7

PEMETAAN KOPETENSI DASAR TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas                   : VII


UNIT
ALOKASI WAKTU
KOMPETENSI DASAR
T T / TMTT
 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
6 x 40’
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

TT: LKS
·  Pengertian pengukuran
·    Besaran pokok dan turunan
9 x 40’
1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
TT: LKS
· Mengukur suhu
TMTT
· membuat termometer dengan skala sendiri
6 x 40’
1. 3. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat   ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
TT: LKS
· Mengukur dengan satuan baku dan tak baku
3 x 40’
1.4 Membuat grafik berdasarkan data hasil pengukuran, menganalisais dan mengkomunikasikannya
TT: LKS
· mengukur massa, panjang, suhu dan waktu
TMTT
·  Membuat grafik
·  Membuat laporan hasil penelitian
2. Memahami kalsifikasi zat

4x40’
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

TT: LKS
· Pengujian sifat asam dan basa

2 x 40’
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

TT: LKS
· Melakukan pengujian asam ,basa dengan menggunakan indikator alami
TMTT
· Mendata produk bahan komsumsi yang mengandung asam dan basa disekitar siswa.
3 x 40’
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

TT: LKS
· Mendata  sifat unsur dan senyawa.
3 x 40’
2.4 membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran

TT: LKS
·  Membandingkan sifat unsur dengan senyawa.
TMTT
·  Mendata contoh unsur dan senyawa disekitar kita
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
4x40’
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

TT: LKS
·  Partikel zat
·  Kohesi dan adhesi
·  kapilaritas
2 x 40


3.2 mendiskripsikan konsep masa jenis dalam kehidupan sehari hari
TT: LKS
·  massa jenis dipengaruhi massa dan volume

4x40’
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari

TT: LKS
·   mengamati sifat pemuaianzat padat, zat cair dan gas
6x40’
3.4 peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

TT: LKS
·  pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud zat
·  mengamati perpindahan kal
TMTT
·  membuat grafik hubungan antara jumlah kalor, kenaikan suhu dan perubahan wujud zat dari hasil pengamatan

4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
2x40’
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

TT: LKS
·  mengamati sifat fisika dan kimia
TMTT

2x40’
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

TT: LKS
·   penjernihan air
TMTT
· Melakukan percobaan sederhana pemisahan campuran
2x40’
4.3 Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

T: LKS
· Perubahan fisika dan perubahan kimia
2x40’
4.4 Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana

TT: LKS
·  Persamaan reaksi
·  Mengamati reaksi kimia
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
2 x 40’
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik

TT: LKS
·  Gejala alam biotik dan abiotik
3 x 40’
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

TT: LKS
·  GLB dan GLBB
3 x 40’
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya    untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

TT: LKS
·  Pengamatan benda dengan mikroskup
2 x 40 ’
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

TT: LKS
·  Mendata simbol keselamatan kerja

6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

2 X 40’
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

TT: LKS
·  Ciri-ciri mahkluk hidup
TMTT
·  Membuat laporan perbedaan hewan ,tumbuhan dan manusia
4 X 40’
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

TT: LKS
·  Klasifiksi tumbuhan dan hewan
TMTT
·  Membuat kunci determinasi sederhana
4 X 40’
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
TT: LKS
·  Organisasi kehidupan
TMTT
·   Membuat gambar perbedaan sel hewan dan tumbuhan





7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem

4 x 40’
7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem

TT: LKS
·  Komponen ekosistem
TMTT
·  Membuat ekosistem mini atur.
2 X 40’
7.2 Mengindentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

TT: LKS
·   Hubungan antar komponen ekosistem
TMTT
· Membuat siklus energi, siklus carbon
2 X 40’
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

TT: LKS
·  Pengaruh kepadatan populasi
TMTT
·  Membuat laporan dampak kepadatan penduduk
4 X 40’
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

TT: LKS
·   Pengelolaan lingkungan
TMTT
·   Membuat  artikel tentang polusi

Translate



Bahan Ajar Kelas 9 Reguler

Buku Siswa Kelas 9 Semester Genap
1. Kemagnetan
2. Induksi Elektromagnet
3. Tata Surya
4. Litosfer dan Atmosfer

Bahan Ajar Kelas 7 Reguler

Tanya Jawab